0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Akhirnya, Hubungan RI-Brasil Normal Kembali

merdeka.com

Dubes Indonesia untuk Brasil, Toto Riyanto

Timlo.net – Dubes Indonesia untuk Brasil, Toto Riyanto, diterima di negara tersebut. Hal ini berbeda dengan kondisi beberapa waktu lalu yang sempat mendapat penolakan dari Presiden Brasil Dilma Rousseff saat Indonesia mengajukan surat kepercayaan (credentials).

Kementerian Luar Negeri lega karena Brasil akhirnya bersedia menormalisasi hubungan dengan RI.

“Ini merupakan langkah positif untuk membangun hubungan bilateral yang baik,” kata Juru Bicara Kemenlu Arrmanatha Nasir, Kamis (5/11).

Hubungan Brasil-Indonesia memburuk pada Februari lalu. Presiden Brasil Dilma Rousseff memperlambat proses penyerahan credentials dari Dubes Toto untuk memprotes hukuman mati dua warganya.

Michael Archer Cardoso, WN Brasil yang jadi kurir narkoba, ditembak mati di Cilacap pada 17 Januari. Sedangkan Rodrigo Gularte masuk dalam rombongan eksekusi jilid II tahun ini bersama Bali Nine, juga karena penyelundupan narkoba.

Dilma mengatakan terkejut karena lobinya menyelamatkan dua warga itu diabaikan oleh Presiden Joko Widodo.

“Menjalankan hukuman mati yang sudah ditolak komunitas internasional mempengaruhi hubungan kedua negara,” kata Dilma saat itu.

Pada acara di Istana Kepresidenan Brasil 20 Februari lalu, Dubes Toto sudah datang bersama diplomat lain asal Venezuela, El Salvador, Panama, Senegal dan Yunani. Tapi hanya dia yang diminta tidak menyerahkan credentials, sehingga batal mengikuti upacara resmi.

Menlu Retno L.P Marsudi memprotes kebijakan Negeri Samba itu. Dubes Toto pun dipanggil pulang ke Tanah Air sebagai aksi balasan. Setelah nyaris 10 bulan, akhirnya hubungan Brasil-RI normal kembali.

[ard]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge