0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Agustus, Realisasi Ekspor Turun Akibat Krisis Global

timlo.net/setyo pujis

Pameran mebel yang digelar oleh Asmindo Solo

Solo – Realisasi ekspor pada sejumlah komoditas selama Agustus 2015 terjadi penurunan jika dibandingkan bulan sebelumnya. Hal itu terjadi karena dipengaruhi oleh krisis global serta menguatnya nilai tukar Dolar terhadap mata uang disejumlah negara.

“Realisasi ekspor pada Juli 2015 mencapai 365.872,98 kilogram dengan nilai sebesar 2,94 Juta US Dollar, sementara pada Agustus turun menjadi 346.970,44 kilogram atau sekitar 2,08 Juta US Dollar,” ujar Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Solo, Sri Redjeki Ida S kepada wartawan, Rabu (4/11).

Dirinya mengatakan, penurunan nilai ekspor terjadi hampir kepada semua komoditas, seperti arang batik kelapa, batik, kartu ucapan, mebel kayu, mebel rotan, tekstil dan produk tekstil (TPT) maupun kantong plastik.

“Kondisi ini terjadi karena ekonomi global sedang lesu. Apalagi dengan menguatnya nilai tukar Dollar terhadap Rupiah menyebabkan biaya yang dikeluarkan saat ekspor juga meningkat,” jelasnya.

Sementara secara terpisah, Ketua Asosiasi Pengusaha Mebel Indonesia (Asmindo) Solo, Yanti Rukmana menyampaikan jika kondisi ekspor pada mebel memang siklusnya mengalami penurunan.

“Untuk kebutuhan Natal dan Tahun Baru pemesanan dan pengiriman barang sudah dilakukan pada Mei-Juni lalu. Jadi saat ini memang sepi permintaan atau low season,” terangnya saat dihubungi Timlo.net.

Selain karena memasuki kondisi low season, turunya nilai ekspor pada Agustus juga dipengaruhi oleh krisis global. Sehingga banyak buyer yang lebih memilih menunda pembelian.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge