0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perluas Taxbis, KPP Pratama Sukoharjo Sebar Celengan Pajak

timlo.net/putra kurniawan

Kepala KPP Pratama Sukoharjo Eko Budi Setyono

Sukoharjo — Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sukoharjo mempuyai program untuk meningkatkan Taxbis dari pengusaha kecil dengan celengan pajak. Untuk saat ini sudah disebar sekitar 100 rumah makan dan toko di Sukoharjo dan Wonogiri.

“Celengan pajak ini adalah fasilitas dari kami kepada teman-teman pengusaha yang mulai belajar membayar pajak, atau masyarakat yang ingin membayar, tapi bisnisnya tidak cukup besar,” kata Kepala KPP Pratama Sukoharjo, Eko Budi Setyono, Rabu (4/11).

Hanya dengan memasukkan ke dalam kotak celengan pajak satu persen dari omset hari itu, selama satu bulan dari sampling yang dilakukan, hasilnya melebihi target. Jika biasanya untuk membayar pajak sekitar Rp 200 Ribu susah, tapi dengan cara ini saat dibuka akhir bulan bisa dua hingga tiga kali lebih besar.

Sedangkan untuk pengambilannya, KPP bekerja sama dengan Kantor Pos keliling mengambil uang yang terkumpul di dalam celengan lengkap dengan Surat Setoran Pajak (SSP). Hal ini dikarenakan KPP tidak menerima uang, dan wajib pajak biasanya bayar pajaknya ke bank.

“Dari sampling sekitar 100 celengan pajak di Sukoharjo dan Wonogiri ke depan akan terus dikembangkan dengan harapan dapat memperluas taxbis dari usaha kecil yang omsetnya masih di bawah Rp 4,8 Miliar,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge