0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Panwaslu Boyolali Kesulitan Tertibkan APK Liar

Penertiban alat peraga kampanye liar di Boyolali (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Panwaslu Boyolali kembali melakukan koordinasi dengan Satpol PP terkait penertiban alat peraga kampanye (APK) liar. Pasalnya, selama ini, Panwaslu masih belum mampu menertibkan apk liar karena mengalami kendala. Salah satunya, adanya perlawanan dari masyarakat yang merasa memasang APK liar tersebut.

“Kita banyak menemukan kendala di lapangan,makanya masih banyak APK liar yang belum bisa kita tertibkan,” ujar Ketua Panwaslu Boyolali, Narko Nugroho, Rabu (4/11).

Diakui, masih ada ratusan APK liar yang tersebar di 19 kecamatan. Paling banyak berbentuk baliho. Sejauh ini, pihaknya sudah mengirimkan surat teguran ke masing-masing tim pemenangan Paslon dan partai pengusung, agar APK liar segera diturunkan. Namun hingga kini, belum ada respon.

“Pekan depan kita akan adakan penertiban besar-besaran dengan melibatkan TNI Polri,” tambahnya.

Penertiban APK akan dilakukan berdasarkan lokasi yang tidak sesuai ketentuan, seperti dekat sekolah, aset daerah, jalan umum utama, gapura, taman kota, pohon, tiang listrik, di depan kantor partai selain partai pengusung, tempat ibadah, dan pasar.

Selain APK liar, tim juga berencana melakukan penertiban mobil branding.

“Pelanggaran APK di Boyolali selama ini mendapat sorotan serius dari Bawaslu Jateng,” imbuhnya.

Wakil Ketua Tim Pemenangan Seno-Said, Ribut Budi Santoso, mengaku sulit membendung partisipasi dari pendukung Seno-Said untuk ikut memasang baliho posko relawan di rumah-rumah mereka. Baliho dan atribute posko relawan muncul setelah masa pendaftaran tim kampanye ke KPU.

“Kalau mereka mau membentuk posko relawan, kami tidak bisa melarang,” ujarnya.

Dalam penertiban APK yang digelar pekan lalu, Panwaslu hanya bisa melepas baliho dan banner sebanyak 28 lembar. Dimana, 5 baliho dan 2 banner milik pendukung Seno-Said dan 23 banner milik pasangan Agus Purmanto-Sugiyarto.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge