0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sepi Penumpang, Rute Solo-Singapura Resmi Ditutup

timlo.net/setyo pujis

Pesawat Air Asia yang mendarat di bandara Adi Sumarmo

Solo – Lantaran minim penumpang, rute Solo-Singapura yang selama ini dioperasikan oleh maskapai penerbangan Air Asia resmi ditutup. Penutupan rute tersebut sudah mulai dilakukan pihak maskapai sejak 7 Oktober lalu.

“Sebenarnya rute Solo-Singapura cukup potensial. Namun karena jadwal penerbangannya sore atau pukul 15.00 WIB sehingga para penumpang lebih memilih berangkat dari Yogyakarta yang lebih pagi,” ujar Manager Operasi dan Teknik PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Yaka Sulistya W saat dihubungi TimloNet, Selasa (3/11).

Menurutnya, alasan penumpang lebih memilih pemberangkatan pagi karena setibanya di Singapura masih ada waktu untuk digunakan jalan-jalan. Sementara itu untuk memperoleh slot time pagi di Singapura pihaknya cukup kesulitan, mengingat saat ini sudah penuh.

“Sejak ditutupnya rute tersebut sampai dengan saat ini belum ada maskapai lain yang bersedia untuk mengisi. Sehingga untuk melayani penerbangan dari dan menuju Singapura, kita memberikan alternatif menggunakan penerbangan Solo – Batam yang dioperasikan oleh Lion Air,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPS Solo, R Bagus Rahmat Susanto menyampaikan, wisatawan mancanegara yang datang dari bandara Adi Sumarmo pada Agustus 2015 menurun sekitar 36,01 persen jika dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

“Penurunan itu cukup drastis. Karena pada September 2014 mencapai 1.258 orang, namun pada September 2015 hanya 805 orang,” tandasnya.

Editor : Eddie Mutaqin

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge