0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KPU Jateng Minta Perantau Pulang

timlo.net/putra kurniawan

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo saat menggelar FGD di Hotel Brothers Solobaru

Sukoharjo — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah mencatat sekitar 25 persen dari sekitar 15 juta pemilih berada di perantauan. Dalam pilkada serentak tahun ini, diharapkan mereka bisa pulang untuk menggunakan hak pilihnya, karena KPU tidak bisa memfasilitasi penggunaan hak pilih jarak jauh.

“Mereka tidak berada di daerah asalnya dikarenakan pekerjaan dan juga ada yang sedang menempuh pendidikan, dan persoalnnya di beberapa tempat sama, seperti para mahasiswa di Unnes dari Kalimantan dan Sumatra tidak bisa pulang karena jauh,” kata Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah, Joko Purnomo, Selasa (3/11).

KPU tidak bisa memfasilitasi penggunaan hak pilih jarak jauh untuk saat ini karena regulasinya tidak memungkinkan. Namun untuk beberapa tahun ke depan dimungkinkan bisa dengan pemilhan secara online, meskipun diakuinya tidak sepenuhnya berhasil.

Dengan kondisi seperti ini, KPU Provinsi Jawa Tengah berupaya menjalin kerjasama dengan sejumlah tokoh masyarakat untuk memberikan pemahaman kepada perantau agar bisa pulang. Sehingga tujuan demokrasi untuk regenarsi di masing-masing kabupaten dan kota berjalan dengan mekanisme yang benar.

“Tujuan kita adalah untuk membangun infrastuktur politik di daerah dalam rangka mendukung desentarlisasi pemerintah daerah, selain itu juga untuk regenerasi, sehingga partisipasi masyarakat dalam pilkada ini sanagt penting,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge