0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tukino : AWPI Organisasi Pemantau Bukan Wadah Jurnalis

merdeka.com

ilustrasi wartawan

Karanganyar – Dituduh minta-minta proyek dengan mengatasnamakan wartawan, Ketua DPC Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Karanganyar menampiknya. Dia tidak pernah meminta proyek untuk kesejahteraan wartawan.

“Selama tiga tahun terakhir saya memang mendapatkan proyek dari Pemkab untuk dikerjakan sendiri,” katanya, Selasa (3/11).

Tentang APWI, dia mengatakan, organisasi itu pusatnya di Jakarta dan sudah mendapatkan pengesahan dari Kemenkumham dan memiliki akta notaris. Organisasi itu dibentuk di tingkat provinsi sampai ke kabupaten.

“Untuk Karanganyar dibentuk baru pada sebulan lalu,” jelas Tukino.

Sedangkan soal nama organisasi yang mencantumkan wartawan, dia mengaku bukan urusannya. Hanya saja diakui organisasi itu bukan mewadahi wartawan yang berprofesi sebagai jurnalis, melainkan organisasi pemantau.

Para wartawan Karanganyar sendiri selama ini mewadahi diri dalam Forum Jurnalis Karanganyar yang anggotanya para wartawan yang meliput di wilayah Lereng Lawu. Mereka tidak terima jika ada organisasi yang memasang nama wartawan namun ternyata bukan wartawan.

“Ibaratnya ada organisasi polisi tapi angotanya bukan polisi. Kan aneh. Jadi kami minta agar organisasi ini ditolak masuk di Karanganyar. Ini hanya akan mengotori wartawan saja,” kata Koordinator Wartawan Karanganyar, Ari BW Purnomo.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge