0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Batik Sojiwan, Motif Relief Pahatan Candi

timlo.net/aditya wijaya

Sejumlah model memeragakan Batik Sojiwan di pelataran Candi Sojiwan, Klaten

Klaten — Berangkat dari pendampingan masyarakat di sekitar kawasan Candi Sojiwan, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jawa Tengah meluncurkan batik Sojiwan di pelataran candi yang berlokasi di Desa Kebondalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Selasa (3/11) sore.

“Ini bagian dari program pemberdayaan masyarakat. Intinya, bagaimana masyarakat di sekitar Candi Sojiwan memaknai cagar budaya yang ada disini agar mereka tahu. Salah satunya lewat batik yang sudah diakui Unesco,” ujar Kepala BPCB Jawa Tengah, Sri Ediningsih.

Sementara, Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kemendikbud RI, Harry Widianto mengatakan, kegiatan ini bagian dari implementasi dari pelestarian warisan budaya (cultural heritage). Dimana, warisan budaya ada dua bagian, yakni warisan bendawi yang diwakili Candi Sojiwan, dan warisan tak bendawi diwujudkan lewat batik.

“Motif batik berasal dari relief Candi Sojiwan yang terdapat cerita fabel, yakni Jataka dan Pancatantra, yang menyimpan ajaran moral dan kebijaksanaan tentang kehidupan. Melalui gabungan cultural heritage itu, batik dipilih sebagai media pelestarian cagar budaya dan mensejahterakan masyarakat di sekitar Candi Sojiwan,” katanya.

Hal serupa juga diutarakan perwakilan dari warga Desa Kebondalem Kidul, Legowo. Masyarakat awalnya tidak tahu sama sekali mengenai batik. Kemudian datanglah pendampingan dari Unesco yang dilanjutkan oleh BPCB Jateng.

“Awalnya kami dari yang tidak tahu sama sekali batik. Setelah didatangkan instruktur, kita membentuk kelompok batik Sojiwani. Kemudian 10 anggota Sojiwani dikirim ke Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta untuk menerima pelatihan selama 1 bulan. Adapun motif yang kami angkat sesuai relief pahatan di Candi Sojiwan,” beber Legowo yang juga pengurus Kelompok Batik Sojiwani.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge