0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ngaku Wartawan, Ujung-ujungnya Minta Proyek

merdeka.com

Demo Wartawan

Karanganyar – Sejumlah wartawan yang bertugas peliputan di wilayah Karanganyar mendatangi kantor Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Senin (2/11). Mereka meminta klarifikasi terkait laporan adanya rekanan yang mengajukan pengerjaan proyek mengatasnamakan wartawan.

”Wartawan itu profesi yang tugasnya berkaitan dengan jurnalistik. Mosok kami minta-minta proyek. Jelas-jelas ini mencatut profesi kami untuk kepentingan pribadi. Karena itu kami minta agar Dinas PU menolak jika ada permohonan seperti itu, meski diajukan rekanan resmi Pemkab Karanganyar. Wartawan tidak ada sangkut pautnya dengan proyek,” kata Ari BW Purnomo, koordinator wartawan Karanganyar.

Pelaksana Tugas Kadis PU Edy Sriyatno mengaku tidak pernah menerima informasi seperti itu. Pihaknya juga belum pernah memberikan proyek-proyek kepada kelompok tertentu kecuali melalui lelang terbuka.

“Trima kasih informasinya. Kita nanti akan lebih berhati-hati dan selektif,” katanya.

Informasi yang dihimpun wartawan, dalam rapat lintas rekanan, Soewarno Ketua Gapeknas (Gabungan Pengusaha Kontraktor Nasional) Karanganyar meminta agar semua rekanan menyisihkan lima proyek penunjukan. Proyek-proyek itu akan digunakan dananya untuk wartawan.

“Yang meminta proyek itu adalah wartawan yang tergabung dalam Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (APWI). Karena menyangkut profesi wartawan kami perlu meminta klarifikasi kepada para wartawan,” kata Hendardi Heru Santoso, salah seorang rekanan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge