0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Operasi Pemadaman Merapi Dihentikan

timlo.net/nanin

Tim gabungan mulai turun gunung

Boyolali — Api yang membakar hutan di Gunung Merapi, sore ini berhasil dipadamkan. Operasi pemadaman dihentikan dan seluruh relawan serta petugas yang terlibat mulai turun. Sementara, petugas Balai Taman Nasional Gunung Merapi melakukan pemantauan secara visual untuk melihat apakah api benar-benar padam.

“Operasi pemadaman kita hentikan, malam ini kita lakukan pemantauan secara visual, karena kalau malam nanti akan lebih terlihat,” ucap Staf Pengendali Ekosistem BTNG Merapi Resort Selo, Boyolali, Wahid Adi Wibowo, Selasa (3/11).

Dijelaskan, api terakhir terlihat di Klakah, sebanyak enam titik. Namun titik api tersebut berupa bara pohon yang terbakar. Untuk memadamkan, relawan dikerahkan naik ke atas sambil membawa air mineral 1,5 liter.

“Luasan yang terbakar antara 20 hektar hingga 25 hektar, kita kesulitan mengukur, karena lokasi kebakaran terpisah-pisah,” jelasnya.

Mengantisipasi kebakaran susulan akibat kemarau panjang, pihaknya menghimbau semua pihak untuk menjaga lingkungan. Jangan sampai ada kegiatan yang memicu terjadinya kebakaran.

“Harus ada sosialisasi dan larangan melakukan pembakaran, kalau ada warga yang membakar ladang harus diawasi,biar apinya tidak merembet ke kawasan hutan,” tambahnya.

Terkait jalur pendakian Merapi dari Selo, saat ini masih akan ditutup hingga akhir November. Meski api tidak sampai merembet ke jalur pendakian, namun sesuai instruksi surat edaran Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi, Kaliurang, ditutup hingga akhir bulan ini.

“Ini kita lakukan demi keselamatan pendaki,” imbuhnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge