0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

IAIN Dituntut Beri Kontribusi terhadap Peradaban

Direktur Jendral Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama, Prof Dr Phil H Kamaruddin Amin MA menyampaikan kuliah umum di hadapan ratusan mahasiswa Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta (dok.timlo.net/tyo eka)

Sukoharjo — Direktur Jendral Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama, Prof Dr Phil H Kamaruddin Amin MA menyampaikan kuliah umum di hadapan ratusan mahasiswa Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, di ruang sidang utama gedung Pascasarjana, IAIN Surakarta, Kartasura, Sukoharjo, Selasa (3/11).

Menurut Kamaruddin Amin, IAIN Surakarta sebagai salah satu lembaga negara penyelenggara pendidikan yang berbasis Islam dituntut selalu memberikan kontribusi yang nyata dan fundamental terhadap peradaban dan perkembangan ilmu-ilmu ke-Islaman yang senantiasa terus berkembang di dunia global saat ini. “Hal ini dibuktikan dengan lembaga pendidikan tinggi Islam tidak lagi hanya fokus melakukan kajian-kajian ke-Islaman saja, tapi sudah melebihi itu mengikuti kemajuan pemikiran-pemikiran modern dari para intelektual muslim,” jelasnya.

Berkaitan dengan peran fundamental dan daya saing dari pendidikan Islam, Kamaruddin menegaskan, daya saing ditentukan dari kualitas SDM, sedangkan kualitas SDM tersebut memiliki korelasi yang kuat dengan kualitas dari pendidikan. “Di sinilah letak peran fundamental yang harus dijaga oleh lembaga penyelenggara pendidikan dalam ranah memberikan output yang baik untuk pembangunan bangsa sehingga dapat memiliki daya saing yang kuat dalam perkembangan dunia global,” tegasnya.

Kamaruddin meminta kepada IAIN Surakarta terus memberikan kontribusi yang nyata bagi masyarakat, bangsa, dan negara, serta memiliki strategi-strategi yang handal untuk mewujudkan visi dan misi lembaga.

Sementara itu, Rektor IAIN Surakarta, Dr Mudofir, memberi apresiasi yang tinggi atas terlaksananya kuliah umum ini, karena dengan adanya kuliah umum yang langsung dihadiri Dirjen Pendis ini dapat memberikan wawasan pembanding dalam konteks menghadapi tantangan pendidikan Islam dalam dunia global.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge