0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tolak PP Pengupahan

Ribuan Buruh Blokir Jalan Ir Soekarno Solo Baru

Ribuan buruh menggelar aksi di Jl Ir Soekarno Solo Baru (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Solo Baru — Gabungan buruh se-Soloraya, Selasa (3/11) menggelar aksi unjuk rasa dengan memblokir Jalan Ir Soekarno, Solo Baru selama satu jam. Mereka menolak Peraturan Pemerintah Nomor 78 tentang Pengupahan yang dinilai sangat merugikan buruh.

“Kami dari persatuan buruh Soloraya menolak PP nomor 78 tentang Pengupahan, karena mematikan fungsi dari serikat buruh dalam menentukan upah minimum, selain itu dengan sistem baru ini kenaikan upah buruh menjadi sangat kecil,” kata Korlap aksi, Sukarno.

Aksi unjuk rasa ini diikuti sekitar 1.500 buruh dari seluruh serikat pekerja yang ada di wilayah Soloraya. Mereka melakukan longmarch dari Patung Ir Soekarno menuju Boulevard Soba dan memblokade jalan selama satu jam.

Dalam orasinya, para buruh yang menamakan dirinya Prabusoka ini  menolak PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan karena bertetangan dengan Pasal 88 dan 89 UU Nomor 13 Tahun 2003. Selain itu dengan sistem baru dalam menentukan upah minimum ini dinilai belum sesuai dengan kebutuhan hidup layak pekerja lajang.

“Tidak hanya hari ini dimana kawan-kawan buruh di daerah lain juga menggelar aksi yang sama, namun ke depan kami juga akan menggelar aksi unjuk rasa maupun audiensi dengan pihak-pihak yang bersangkutan,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge