0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Status Darurat Bencana Diperpanjang Hingga 31 November

timlo.net/tarmuji

Ilustrasi kekeringan

Wonogiri — Berdasarkan pemetaan stasiun klimatologi Semarang hujan baru akan turun di wilayah Wonogiri pada akhir November. Kondisi ini membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri memperpanjang status darurat kekeringan. Semula, darurat kekeringan diberlakukan hingga 31 Oktober 2015, namun kemudian di perpanjang hingga 30 November 2015.

“Dari pemberitahuan yang disampaikan stasiun klimatologi, untuk awal musim hujan di wilayah Wonogiri bagian tengah dan utara pada pertengahan November. Kemudian bagian barat, timur dan timur laut pada akhir November. Lalu bagian selatan pada awal Desember 2015,” kata Kepala BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, Senin (2/11).

Dikatakan, fenomena perubahan cuaca masih harus diwaspadai oleh masyarakat, lantaran perubahan cuaca masih bisa menimbulkan penyakit dan gangguan kesehatan lain. Selain itu, masyarakat juga dihimbau untuk melakukan pemotongan dahan-dahan pohon untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan dari perubahan musim.

“Kita sudah koordinasi dengan pihak terkait, seperti DKK, DPU dan lainya,” tegasnya.

Ditambahkan, masyarakat juga diminta waspada terhadap ancaman tanah longsor pada hujan pertama. Tanah yang kering dan berongga bisa jadi timbul longsong jika diguyur hujan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge