0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cegah Bencana, Warga Tawangmangu “Deklarasi Hijau”

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Karanganyar — Untuk menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian lingkungan, warga Tawangmangu, sejumlah warga mencanangkan ‘Deklarasi Hijau’, Sabtu (31/10). Deklarasi dihadiri sejumlah tokoh masyarakat, Muspika, Muspida Karanganyar dan warga Tawangmangu.

“Deklarasi ini sengaja kami lakukan untuk mewujudkan masyarakat khususnya di Daerah Tawangmangu, agar mereka sadar betapa pentingnya menjaga kelestarian alam. Karena dengan menjaga kelestarian itulah kita dapat terhindar dari adanya bencana alam,” kata Partana, perwakilan Lembaga Masyarakat Desa Hutan Tawangmangu.

Dalam deklarasi tersebut Partana mengatakan, bahwa warga kecamatan Tawangmangu menyadari arti pentingnya alam dan lingkungan bagi kehidupan dan seisinya. Dengan adanya deklarasi hijau tersebut, warga berharap agar pelestarian alam khususnya di Kecamatan Tawangmangu bisa terjaga dengan baik.

“Bahaya mengancam kita kalau kita tidak segera melakukan gerakan penghijauan,” katanya.

Tak hanya menjaga kelestarian alam, Deklarasi tersebut juga untuk memberdayakan masyarakat khusunya di Kecamatan Tawangmangu, untuk tidak terus mengharapkan pemerintah setempat dalam menjaga kelestaraian alam.

“Tidak harus mengharapkan pemerintah, kita bisa menjaga alam ini,” jelasnya.

Dalam deklarasi tersebut, warga berjanji bahwa akan melindungi dan melestarikan alam, warga akan menjaga sungai dan air sebagai sumber kehidupan, memanfaatkan alat, hutan dan air sebagai sumber energi, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mencintai lingkungan.

“Harusnya ada sanksi tegas bagi perusak alam dan lingkungan. Wariskanlah  sumber mata air untuk anak cucu kita, dan jangan mewariskan air mata,” tegasnya,

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yang datang dalam acara Deklarasi Hijau, mengapresiasikan kegiatan warga Tawangmangu yang secara tegas telah mendeklarasikan pelestarian tersebut. Gubernur berharap dengan adanya Deklarasi ini, warga akan mampu merawat dan menjaga alam.

“Ini bisa dicontoh oleh kecematan atau warga lain khususnya mereka yang tinggal di gunung atau tempat – tempat yang rawan akan bencana alam,” kata Ganjar.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge