0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tak Lama Lagi, Ekspedisi Kapsul Waktu Singgah di Jateng

merdeka.com

Ekspedisi Kapsul Waktu

Timlo.net – Ekspedisi Kapsul Waktu dijadwalkan melintas di Jawa Tengah November ini. Ekspedisi ini merupakan bagian dari Gerakan Ayo Kerja yang dicanangkan Presiden Joko Widodo Maret lalu.

Ketua Panitia Daerah Kapsul Waktu Provinsi Jawa Tengah Suhartono menuturkan, serah terima kapsul waktu dilakukan di perbatasan DIY-Jateng, tepatnya di Jembatan Krasak. Setelah diterima Bupati Magelang, kapsul waktu akan diinapkan di Museum Diponegoro, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Ada empat lokasi penyebaran pemahaman substansi kapsul waktu saat di Jawa Tengah. Yakni, Rumah Peradaban di Museum Ronggowarsito, Rumah Sejarah di Kawasan Tugu Muda, Rumah Budaya di Taman Budaya Raden Saleh dan Rumah Kerakyatan di Simpang Lima.

“Pesan peradaban akan disampaikan Gubernur Ganjar Pranowo di Museum Ronggowarsito. Rembug sejarah dan pesan sejarah oleh Pangdam IV/Diponegoro akan dilaksanakan di Kawasan Tugu Muda. Di tempat itu, yang diutamakan adalah tersampaikannya gagasan Bung Karno tentang NKRI,” papar Suhartono, Senin (2/11).

Ki Manteb Sudarsono akan menyampaikan pesan kebudayaan saat Kapsul Waktu tiba di Taman Budaya Raden Saleh. Saat tiba di Kawasan Simpang Lima, Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah Rukma Setiabudi akan membacakan tujuh pesan kerakyatan yang ditulis rakyat Jawa Tengah dalam kegiatan sebelumnya.

“Setelah pesan dibacakan, akan dimasukkan dalam Kapsul Waktu. Selanjutnya Kapsul Waktu dilepas yang diakhiri dengan melepaskan 1945 balon Gerakan Ayo Kerja 70 tahun Indonesia Merdeka,” terangnya.

Sebagai informasi, ekspedisi Kapsul Waktu akan berkeliling 34 provinsi di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Dari tiga mobil, satu mobil membawa sebuah tabung berbentuk kapsul berukuran sekitar 50 sentimeter. Kapsul itu berisi surat-surat yang bertuliskan harapan dan cita-cita yang ingin dicapai rakyat Indonesia di masa mendatang.

Harapan dan cita-cita itu dikumpulkan dari setiap provinsi. Ekspedisi Kapsul Waktu dijadwalkan sampai di Merauke pada 21 Desember 2015 mendatang.

Ekspedisi kapsul waktu yang perjalanannya sudah dimulai dari Aceh pada 22 September lalu bertujuan menggerakkan semua kalangan masyarakat untuk terlibat dalam misi Revolusi Mental Ayo Kerja dan bersama-sama mewujudkannya dengan bergotong royong.

Di setiap daerah yang dilalui kapsul waktu akan diselenggarakan berbagai kegiatan yang melibatkan rakyat.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge