0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sartono, Pencipta Lagu ’Hymne Guru’ Tutup Usia

merdeka.com

Sartono

Timlo.net — Setiap guru dan siswa pasti mengetahui lirik dari lagu Hymne Guru, yang biasa dilantunkan kala acara-acara penting di sekolah. Sayangnya, tak banyak yang tahu siapa sosok dibalik lagu melegenda tersebut.

Adalah Sartono, pria berusia 79 tahun yang telah menciptakan lirik menyentuh hati persembahan untuk para guru di Indonesia. Kini, sosok yang terkenal dengan sebutan ‘Si Pencipta Lagu yang Terabaikan’, telah menutup usianya akibat komplikasi setelah dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Madiun.

“Iya pak Sartono sudah meninggal sekitar pukul 12.50 WIB tadi siang karena komplikasi diabetes dan stroke,” kata Budi Suroso, salah satu perawat RSUD Kota Madiun, Minggu (1/11).

Budi menjelaskan, kondisi Sartono memburuk setelah dirinya jatuh dari tempat tidur. Sayangnya, Sartono baru dibawa ke rumah sakit seminggu setelahnya.

“Pak Sartono masuk RSUD tanggal 20 Oktober pukul 19.45 WIB, langsung dirawat di UGD. Dia jatuh dari tempat tidur. Tapi baru dibawa ke rumah sakit seminggu kemudian,” imbuh Budi.

Meski begitu, banyak sanak saudara dan guru-guru yang menjenguknya. Bahkan saat Sartono telah tiada pun masih banyak masyarakat yang datang untuk berbelasungkawa. Sartono sudah dibawa pulang oleh pihak keluarga, pukul 14.00 WIB.

Di kampung halamannya, Sartono yang mempelajari musik secara otodidak menjadi satu-satunya guru seni musik yang bisa membaca not balok. Saat menciptakan lagu bersejarah itu, Sartono bersiul lalu ditorehkan ke dalam catatan kertas. Maklum saja saat itu alat musik memang masih terbatas.

Sartono memulai kariernya sebagai guru seni musik pada tahun 1978. Ia adalah guru di sebuah yayasan swasta yang mengajar di SMP Katolik Santo Bernardus, Kota Madiun. Sartono sendiri purnatugas dari sekolah tersebut pada tahun 2002.

Walaupun penghasilannya dari pekerjaannya sebagai guru pas-pasan, kecintaannya pada musik membuat Sartono menciptakan beberapa buah lagu. Bertepatan dengan momentum Hari Pendidikan Nasional pada tahun 1980, Sartono mengikuti lomba mencipta lagu tentang pendidikan.

Selain lagu Hymne Guru, Sartono juga menghasilkan delapan lagu bertema pendidikan lainnya. Perhatiannya dalam dunia pendidikan dan pengabdiannya sebagai guru membuahkan penghargaan dari Mendikbud Yahya Muhaimin dan Dirjen Pendidikan Soedardji Darmodihardjo pada saat menciptakan lagu Hymne Guru.

[did]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge