0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ganjar : Coverage Areanya Besar Tetapi SDM-nya Kurang

timlo.net/nanang rahadian

Ganjar meninjau bekas kebakaran hutan Lawu

Karanganyar — Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meminta seluruh pihak terkait bersama-sama memulihkan kondisi hutan Gunung Lawu yang rusak akibat kebakaran hutan. Menurut Ganjar pekerjaan memulihkan kondisi hutan Gunung Lawu hanya dilakukan Perhutani saja.

“Tanggungjawab utama memang Perhutani tapi kita juga punya tanggungjawab moral terhadap kelestarian lingkungan,” kata Ganjar.

Dia berharap Perhutani terbuka soal informasi kondisi hutan. Selanjutnya, pemerintah kabupaten (Pemkab), pemerintah provinsi (Pemprov), TNI/Polri akan gotong royong. Tidak hanya Lawu, lanjut Ganjar, ada 7 gunung di Jateng yang terbakar.

“Jateng enggak masuk kategori kena asap, tetapi semua gunung terbakar. Tahun ini kok yo kobong kabeh,” jelas Ganjar.

Ganjar menambahkan, selama ini Perhutani tidak banyak share info terkait kondisi terkini, ganjar yakin Perhutani tidak akan bisa sendiri mengatasi kebakaran hutan. Pasalnya karena coverage area-nya besar tetapi sumber daya manusianya kurang.

“Kalau kita bisa bersama-sama dengan pemkab, pemprov, TNI/Polri menggerakkan potensi-potensi yang ada,” kata Ganjar.

Dia juga memastikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar maupun Jawa Tengah berkoordinasi dan kerja sama penanganan kebakaran hutan Gunung Lawu. Dia meminta seluruh pihak tidak memiliki egoisme wilayah saat menangani bencana.

Isih Indonesia to? Yo wis, digarap bareng. Bikin sistem yang bagus, semua kerja bareng. penanganan bersama,” jelas dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge