0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Api Mulai Padam, Jalur Pendakian Masih Ditutup

timlo.net/nanin

Posko bersama penanggulangan bencana kebakaran hutan Merbabu di Koramil Selo

Boyolali — Kebakaran yang terjadi di kawasan hutan Gunung Merbabu sudah mulai padam. Meski begitu, jalur pendakian ke Merbabu masih ditutup hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Balai Taman Nasional Gunung Merbabu masih menutup jalur pendakian antara lain dari Pos Selo Boyolali, Pos Kopeng, Tekelang Kabupaten Semarang, dan Pos Keteb dan Suwanting, Magelang.

“Masih kita tutup, antisipasi kalau muncul lagi titik api, akan kita buka kalau situasi sudah benar-benar aman,” kata Koordinator BTNG Merbabu, Kurnia Adi Wirawan, Minggu (23/8).

Dijelaskan, musim kemarau ini masih sangat memungkinkan bakal muncul titik api susulan. Terutama jika ada percikan api, punting rokok dan api unggun dari pendaki sangat beresiko terjadinya kebakaran. Saat ini, pihaknya terus melakukan antisipasi dengan mengandeng masyarakat sekitar untuk terus melakukan patroli di titik-titik rawan.

“Selama hujan belum turun kita masih tetap waspada,” tambahnya.

Terpisah, Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali, yang juga Komandan SAR , Kurniawan Fajar Prasetyo menyampaikan hal serupa. Saat ini, pihaknya sudah menyampaikan informasi tersebut ke petugas pos pendakian dan masyarakat di lereng Merbabu. Akibat kebakaran itu, ada 50 hektar hutan yang terbakar di kawasan hutan di wilayah Selo.

“Saat ini masih ada petugas dan masyarakat di atas memantau masih ada tidaknya titik api,” tandasnya ditemui di Posko bersama penanggulangan kebakaran hutan Merbabu di Koramil Selo.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge