0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hibah Belum Cair, KPU Solo Talangi Anggaran Pilkada

Ketua KPU Kota Solo, Agus Sulistyo (dok.timlo.net/red)

Solo — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo berharap hibah Rp 7 miliar dari APBD Solo 2015 segera cair. Pasalnya, tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sudah dimulai sejak 19 April lalu.

Ketua KPU Solo Solo Agus Sulityo mengatakan, untuk menjalankan tahapan Pilkada, sementara ini KPU mencari dana talangan lain. Sampai saat ini, KPU mengeluarkan Rp 10 juta – Rp 13 juta untuk menalangi anggaran tahapan Pilkada.

“Artinya harus ada solusi. Anggaran APBD belum ada, tahapan jalan. Secara aturan keuangan (nalangi) ini memang tidak dibenarkan. Tetapi ini untuk kemaslahatan harus kami lakukan,” katanya kepada wartawan, Kamis (30/4).

Menurut Agus, dari pertemuannya dengan Pemkot pekan ini, Pemkot menjanjikan akan mencairkan hibah Pilkada pekan depan. Pihaknya berharap rencana pencairan itu tidak mundur.

Adapun anggaran yang diajukan oleh KPU Solo  untuk penyelenggaran Pilkada sebanyak  13,1 miliar. Saat ini, APBD Solo baru mengalokasikan Rp 7 miliar. Sisanya akan dicukupi dalam APBD Perubahan 2015 mendatang.

Agus menambahkan, tahapan Pilkada saat ini sampai pada tahapan perekrutan badan penyelenggara yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Pendaftaran PPK dan PPS sudah ditutup kemarin dengan jumlah pendaftar sebanyak 45 orang.

“Kami akan melakukan seleksi administrasi dan sore ini sudah ada pengumuman siapa yang lolos administrasi. Mereka yang lolos administrasi akan mengikuti tes tertulis Minggu,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge