0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Susi Mengeluhkan Personel Pengawas Perikanan Minim

KKP verifikasi eks kapal asing (merdeka.com)

Timlo.net — Kementerian Kelautan dan Perikanan kekurangan pengawas perikanan. Saat ini, kementerian dipimpin Susi Pudjiastuti itu hanya memiliki 678 pengawas perikanan tersebar di 194 unit pelaksana teknis (UPT). Terdiri dari 5 pangkalan dan stasiun, 58 satuan kerja (satker) dan 131 pos Pengasawan Sumber Daya Keluatan dan Perikanan (PSDKP).

“Idealnya diperlukan 817 pos dan satker pengawasan di tempat-tempat lokasi pendaratan ikan dan pelabuhan perikanan. Jumlah personil minim di beberapa satker dan pos PSDKP, hanya dua hingga tiga orang bahkan satu orang,” ujar Dirjen PSDKP Asep Burhanuddin, Rabu (29/4).

Kendati demikian, pihaknya masih mampu memproses 62 kasus illegal fishing. Sebanyak 28 kasus dilakukan kapal perikanan Indonesia dan 34 kapal perikanan asing.

“Didominasi oleh Vietnam sebanyak 19 kapal atau 56 persen, Filipina 7 kapal atau 21 persen, Thailand dan Malasysia masing-masing 4 kapal atau 12 persen,” kata Asep.

Susi Pudjiastuti menambahkan, selama enam bulan menjabat dirinya banyak menghadapi masalah internal.

“Pekerjaan rumah kita banyak, kita mau menuju poros maritim dunia. Kita punya ide bagus, yaitu shock terapi yang ditanggapi presiden. Sekarang nggak ada yang mbalelo lagi.”

[yud]

Sumber : Merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge