0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tebing di Lereng Gunung Sumbing Longsor

Rumah rusak tertimpa longsor di lereng Sumbing (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Tebing di kawasan lereng gunung Sumbing, Kabupaten Magelang, longsor. Dua rumah tertimbun material tebing.

Kedua rumah yang terletak di Dusun Selilin, Desa Candisari, Kecamatan Windusari, masing-masing milik Masrur (43) dan Muharom (48). Diduga, tebing longsor karena tidak kuat menahan volume air saluran irigasi yang berada di atas lereng Gunung Sumbing di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Saksi kejadian, Siti Muhtamanoh (40) salah satu penghuni rumah mengungkapkan longsor terjadi Senin (16/3) malam sekitar pukul 23.00 WIB. Saat itu, saluran irigasi dalam posisi banjir.

“Irigasi yang ada di atas tebing rumah saya bergemuruh setelah terjadi hujan deras semalam. Begitu khawatir karena diawali dengan longsoran kecil, saya beserta semua keluarga saya langsung mengungsi ke tetangga,” ungkapnya kepada wartawan di lokasi kejadian, Selasa (17/3).

Akibat banjir besar tersebut, saluran irigasi sepanjang 20 meter dan tinggi 10 meter langsung ambrol dan longsor menimbun dua rumah tersebut.

“Untungnya, kita langsung mengungsi, kalau tidak wah, bisa jatuh korban karena tertimbun longsor,” ungkapnya.

Komandan Koramil Windusari Kapten Armed Sugiharto mengungkapkan akibat kejadian tersebut, selain kerugian rusaknya dua rumah juga rusaknya saluran irigasi di lereng Gunung Sumbing. Akibatnya, kerugian yang dialami mencapai puluhan juta rupiah.

“Belum bisa kami pastikan berapa tepat jumlahnya kerugian. Yang pasti untuk tahap awal, kita melakukan terlebih dahulu upaya pembersihan dan evakuasi korban,” ucapnya.

[hhw]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge