0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Honorer Wayang Orang Sriwedari Diajukan Jadi PNS

Pagelaran wayang orang (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo – Pemerintah Kota Solo mengajukan karyawan honorer Wayang Orang Sriwedari untuk bisa diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Hal itu diungkapkan Walikota Hadi Rudyatmo ketika menerima kunjungan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Yuddy Chrisnandi di Loji Gandrung, Sabtu (31/1) siang.

Pria akrab disapa Rudy ini mengatakan, hal itu adalah wujud penghargaan kepada pihak-pihak telah menjaga keberlangsungan wayang orang hingga saat ini. Rudy mengungkapkan selain pemain wayang orang, dirinya juga mengajukan beberapa pengrawit telah bertahun-tahun menjalani profesinya itu.

“Sekiranya berkenan untuk bisa melakukan tes khusus kepada karyawan honorer wayang orang ini karena selain membutuhkan keahlian khusus, keberadaan mereka ini sebagai garda terdepan dalam pertahanan budaya,” ungkapnya.

Selain keberadaan karyawan wayang orang, Rudy juga mengeluhkan tentang kurangnya PNS tenaga kesehatan di wilayah Solo. Menurutnya dengan bertambahnya rumah sakit dan pelayanan medis di Solo bisa menjadi pertimbangan mengangkat PNS untuk tenaga kesehatan.

Sementara Menpan-RB, Yuddy Chrisnandi, mengemukakan pihaknya setuju dengan pemikiran walikota. Menpan mengatakan, pelestarian seni dan budaya penting bagi kesinambungan bangsa. Menpan berpendapat karyawan honorer wayang orang bisa dimasukkan ke dalam kategori jabatan fungsional khusus.

“Saya akan coba bantu semaksimal mungkin tentang adanya usulan dari walikota ini. Saya dengar mereka juga sudah cukup lama mengabdi sebagai pemain wayang orang, tentunya ini akan jadi perhatian kami. Kalau ini baru usulan secara lisan, mungkin nanti bisa dijadikan usulan tertulis, sehingga bisa kami pelajari,” katanya.

Selain melakukan pertemuan dengan walikota Solo, dalam kesempatan itu Menpan-RB juga mengunjungi RSUD Ngipang untuk melakukan tinjauan langsung kesiapan karyawan kesehatan di rumah sakit itu.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge