0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kapal Tanker Muatan Solar Dibajak, ABK Dibuang

Kapal tanker Indonesia terdampar di Thailand (merdeka.com)

Timlo.net – Sebuah kapal tanker dari Pelabuhan Bitung yang hendak berlayar menuju Halmahera dibajak kawanan orang tak dikenal, Jumat (30/10) sekitar pukul 01.00 WITA, dini hari. Oleh pembajak, 14 orang kru kapal diikat dan dibiarkan mengapung di laut.

“Saya mendapat informasi dan langsung melaporkan ke Kapolresta Manado. Selanjutnya, atas perintah Kapolres, informasi itu disampaikan ke Direktorat Polair Polda Sulut. Intinya menerima laporan informasi bahwa telah terjadi pembajakan kapal Rehoboot GT 827 dari Bitung yang membawa solar tujuan Halmahera,” jelas Kasat Polair Polresta Manado Kompol MR Sianturi kepada merdeka.com, Sabtu (31/1).

Dikatakan Sianturi, saat dibajak 8 orang tak dikenal yang menggunakan senjata tajam, posisi KM Rehoboot berada di belakang pulau Lembeh, Bitung, Sulawesi Utara. Setelah berhasil naik ke kapal, pembajak langsung mengikat 14 orang kru kapal yang tak berdaya dan menurunkan mereka menggunakan sekoci.

Sempat terapung-apung selama beberapa jam, kru kapal akhirnya terdampar di sebuah rumpon (rakit) yang berada sekitar 100 mil di belakang pulau Nain.

“Dari situlah diinformasikan bahwa kapal mereka dibajak,” jelas Sianturi lagi.

Menerima laporan adanya korban pembajakan kapal, Direktorat Polair Polda Sulut bergerak cepat. Sekitar pukul 06.00 pagi tadi, upaya evakuasi korban dilakukan menggunakan kapal milik Polair Mabes Polri KP Beo 5013.

“Saat ini kapal Polair sedang berada dalam perjalanan mengevakuasi mereka (kru kapal) ke Bitung. Rencananya pukul 17.00 WITA sore tiba di Bitung untuk dimintai keterangan lebih lanjut,” tutup dia. [hhw]

 

Sumber : merdeka.com

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge