0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Keraton-Pemkot Sepakati Sewa Alut Rp 2,5 Miliar

Kawasan Pasar Cinderamata, Alun-alun Utara Keraton Solo (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo – Setelah melakukan negosiasi melalui beberapa kali pertemuan, pemerintah Kota (Pemkot) Solo dan Keraton Surakarta akhirnya menyepakati besaran kompensasi peminjaman Alun-alun Utara (Alut) sebagai lokasi pasar darurat. Keraton menyepakati besaran kompensasi sebesar Rp 2,5 miliar pertahun sebagaimana tawaran maksimal Pemkot.

Hal itu disampaikan juru runding Pemkot, YF Sukasno usai bertemu Raja Keraton Surakarta, Paku Buwana (PB) XIII, Hangabehi, Jumat (30/1) malam di Sasono Narendra. Sukasno menemui Sinuhun ditemani Kepala Dinas Pengelola Pasar (DPP) Solo, Subagyo. Sementara dari pihak Keraton, selain Sinuhun, turut menemui GPH Benowo, garwo dalem Asih dan Kuasa Hukum Sinuhun, Fery Firman Nurwahyu.

“Ketika pertemuan, saya sampaikan permintaan dari Pak Wali bahwa Pemkot hanya sanggup membayar kompensasi Rp 2,5 miliar. Sinuhun pun merespon dengan jelas, inggih setuju, kula ndherek Pak Wali (iya setuju, saya ikut Pak Wali-red),” kata Sukasno, saat dihubungi wartawan, Sabtu (31/1).

Selain kompensasi, hak pengelolaan parkir di kawasan pasar darurat nanti diharapkan juga menjadi hak keraton. Sementara untuk retribusi, keraton menyatakan tidak menariknya. Adapun soal kebersihan dan keamanan menjadi tanggungjawab Pemkot sepenuhnya.

Secara resmi, terang Sukasno, keraton telah membuat surat balasan terkait kesepakatan kompensasi. Surat itu sudah diambil Sukasno, Sabtu (31/1) jam 10.00 WIB. Namun, Sukasno belum menyerahkannya kepada walikota.

“Tadi sudah mau saya serahkan ke Pak Wali di Loji, tetapi Pak Wali masih sibuk menerima Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara. Nanti segera saya serahkan Pak Wali,” ujar dia.

Kepala DPP Solo, Subagyo membenarkan pertemuan Sinuhun dengan Sukasno dan dirinya. Setelah ada kesepakatan, secepatnya Pemkot merealisasikan pembangunan pasar darurat.

“Minggu depan diupayakan sudah tayang lelang,” ujar dia.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge