0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Solo Youth Club Gelar Seminar Autisme

Divisi kepemudaan Persatuan Masyarakat Surakarta (PMS), Solo Youth Club menggelar seminar pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus, autisme di Aston Solo Hotel, Sabtu (31/1) (Dok. Timlo.netSetyo)

Solo – Divisi kepemudaan Persatuan Masyarakat Surakarta (PMS), Solo Youth Club menggelar seminar pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus, autisme di Aston Solo Hotel, Sabtu (31/1). Mengambil tema Understanding Autism & Effective Treatments Available, acara menghadirkan pembicara dari Autism Partnership Singapore.

Ketua Solo Youth Club, Tanu Kismanto, saat ditemui Timlo.net mengatakan acara ini merupakan bentuk program sosial PMS terhadap anak berkebutuhan khusus autism. Kegiatan ini kali kedua diselenggarakan setelah beberapa waktu lalu digelar di Novotel.

“Melihat respon masyarakat yang begitu tinggi terhadap pendidikan autism, kami mencoba memfasilitasi itu dengan membuat seminar dan pelatihan secara khusus untuk mendidik anak berkebutuhan khusus atau autisme,” jelasnya.

Seminar kali ini berbeda dengan sebelumnya. Adapun perbedaanya terletak pada pendalaman materi dan sasaran dituju.

“Jika sebelumnya lebih umum, kali ini dilakukan pendalaman materi dengan sasaran para orang tua dan guru. Harapannya melalui seminar ini bisa memberikan dampak langsung kepada para penyandang autisme,” tambah Tanu Kismanto.

Sementara itu, Consultan dari Autism Partnership, Reshani I Sathasinghe dalam pemaparannya mengatakan banyak ditemukan perlakukan orang tua salah terhadap cara merawat anak autisme, sehingga justru memperparah kondisi anak.

“Kecenderungan anak autism adalah berdiam diri dan suka melakukan gerakan yang berulang-ulang. Menangani itu orang tua harus berusaha meminimalisasi, sehingga kebiasaan anak tidak menjadi lebih parah,” paparnya.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge