0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banyak Guru Salah Kaprah Tanggapi Kurikulum 2013

Solo – Guru banyak salah kaprah tentang Kurikulum 2013. Banyak beranggapan dengan Kurikulum 2013, guru tidak perlu menjelaskan materi kepada siswa di kelas.

Padahal banyak mata pelajaran yang harus tetap ada penjelasan guru.

“Banyak sekali guru yang belum siap secara mental untuk menerapkan kurikulum 2013, karena kurikulum ini menuntut guru lebih kreatif,” ungkap anggota Komisi E DPRD Jawa Tengah Sri Marnyuni saat berbicara Perubahan Kurikulum dan Dampaknya Pada Insan Pendidikan, di Kampus Universitas Tunas Pembangunan (UTP), Solo, Sabtu (31/1).

Selain itu, kata Marnyuni, kurangnya pemahaman guru dengan konsep pendekatan ilmiah, termasuk penguasaan teknologi dan informasi untuk pembelajaran masih terbatas. Ditambah lagi, kurangnya kemampuan guru dalam proses penilaian sikap, ketrampilan dan pengetahuan secara holistic.

“Itulah diantara kelemahan guru dalam menyikapi kurikulum 2013,” ujarnya.

Sri Marnyuni mengakui bahwa sebetulnya kurikulum 2013 memiliki keunggulan, diantaranya, siswa lebih dituntut untuk aktif, kreatif dan inovatif dalam setiap pemecahan masalah yang mereka hadapi di sekolah.

Selain itu, adanya penilaian dari semua aspek. Penentuan nilai bagi siswa bukan hanya didapat dari nilai ujian saja, tetapi juga didapat dari nilai kesopanan, religi, praktek, sikap dan lain-lain.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge