0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ponsel Jadul Nokia Pilihan Favorit Pengedar Narkoba

Nokia 8210. (Dok: Timlo.net/ Ubergizmo.)

Timlo.net—Masih ingat zaman dulu di mana fitur-fitur Bluetooth, WiFi dan GPS di ponsel masih dianggap sebagai fitur mewah? Sekarang setiap smartphone memiliki fitur-fitur ini dan ponsel yang tidak memiliki fitur canggih tidak diminati. Walaupun kebanyakan orang tidak tertarik dengan ponsel jadul zaman dulu, ternyata ponsel jadul menjadi primadona dan pangsa pasar khusus yaitu di antara para pengedar narkoba. Paling tidak di negara UK (United Kingdom).

Berita ini dimuat di situs Vice.com, menyatakan bahwa para pengedar narkoba ternyata menggemari ponsel jadul Nokia 8210. Tentu saat ponsel ini dirilis kali pertama, Nokia 8210 dianggap sebagai ponsel premium karena ringkas dan sangat ramping.

Tapi para pengedar obat terlarang tersebut tidak menggemari ponsel ini karena kerampingannya tapi karena ponsel itu tidak memiliki fitur-fitur seperti Bluetooth, NFC atau WiFi, yang berarti bila para polisi tidak memeriksa ponsel mereka secara fisik, tidak ada cara bagi polisi untuk mengawasi kegiatan Anda. Atau dengan kata lain, ponsel jadul ini tidak bisa dihack oleh polisi.

Konektivitas infra-red dan baterai yang tahan lama juga menjadi alasan kenapa para pengedar ini menyukai ponsel jadul itu. Mereka bisa menjalankan bisnis mereka sepanjang hari tanpa kuatir baterai mereka mati. Menurut salah satu dealer narkoba yang diwawancarai Vice, disebut K2, “Penegak hukum bisa menggunakan wifi dan Bluetooth untuk memperoleh informasi dari ponsel, dan sepertinya menyadap ponsel sekarang ini lebih mudah dibandingkan sebelumnya. Setiap dealer yang saya tahu menggunakan ponsel lama dan Nokia 8210 adalah ponsel yang diminati setiap dealer karena kecil dan baterainya tahan lama.”

Tentunya hal ini bukanlah hal yang diinginkan Nokia saat menciptakan Nokia 8210.

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge