0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Microsoft Berinvestasi di Cyanogen

Cyanogen Mod. (Dok: Timlo.net/GSM Arena)

Timlo.net—Penyedia custom ROM Android Cyanogen dikabarkan memperoleh suntikan dana dari Microsoft senilai $70 juta. Walaupun memberikan uang dalam jumlah besar, Microsoft hanya memperoleh posisi sebagai investor kecil di Cyanogen karena ternyata Cyanogen mendapat valuasi senilai ratusan juta dollar.

Walaupun Android adalah sistem operasi open source, Google berusaha memperoleh lebih banyak kendali akan bagaimana pabrikan smartphone bisa memanfaatkan platform ini dan syarat pabrikan supaya bisa mengakses layanan Google seperti pencarian, Youtube dan Play Store.

Hal ini menyebabkan CEO Cyanogen Kirt McMaster menawarkan sebuah rencana yang besar di mana masa depan platform Android ada tanpa Google dan rupanya perusahaan yang terdiri dari 80 orang itu mengumpulkan 9 ribu pengembang software untuk berpartisipasi dalam kreasi Android tanpa Google.

Sementara itu, tindakan Microsoft menyumbang begitu banyak uang sepertinya justru bisa menjadi boomerang karena banyak analis melihat bahwa Cyanogen memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menjadi ekosistem pihak ketiga yang lebih relevan dibanding Windows Phone.

McMaster sendiri berkata bahwa lebih dari 50 juta orang menggunakan Android versi Cyanogen. Termasuk di dunia negara berkembang, para analis memperkirakan bahwa sebanyak 37 % penjualan Android adalah smartphone yang memakai versi independent dari OS itu. Cyanogen juga diperkirakan akan membuat kesepakatan dengan pabrikan smartphone seperti Micromax di India

Sumber: Phone Arena.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge