0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

MEA Jadi Tantangan Sekaligus Peluang Ekonomi Indonesia

JK (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA UA) menggelar seminar bertajuk Peluang dan Tantangan Perekonomian Indonesia dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. Acara tersebut juga dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla.

Dalam sambutannya, JK mengatakan MEA 2015 mempunyai peluang yang sangat bagus. Dengan begitu, hubungan erat antara pemerintah dan negara-negara ASEAN lainnya akan semakin erat.

“Apa isi yang dilaksanakan, ialah suatu comunity ingin kerja sama dengan dasar awal perdagangan bebas,” ujar dia di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (30/1).

JK menegaskan penerapan MEA tersebut bakal membuat perdagangan barang, jasa dan orang menjadi sangat bebas. Sehingga, tidak ada lagi perbedaan antara satu negara dengan negara lainnya.

“Nah apa menjadi tantangan karena inflow bebasnya pergerakan barang, orang dan jasa artinya kita mempunyai kerja sama sekaligus bersaing. Itu tantangan sekaligus peluang,” kata dia.

Sementara itu, Direktur Utama Exim bank Indonesia Dwi Wahyudi mengatakan Indonesia harus dapat bersaing dalam MEA 2015. Untuk itu, pemerintah harus mempercepat pembangunan infrastruktur, peningkatan mutu pelayanan publik, dan efisiensi tenaga kerja.

“Sehingga diharapkan mampu menjadikan bangsa Indonesia yang memiliki daya saing ekonomi yang tinggi,” kata Dwi. [bim]

 

Sumber : merdeka.com

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge