0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pelaksanaan Haji 2014 Dinilai Lebih Baik

Calon jamaah haji siap diberangkatkan dari Embarkasi Haji Solo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo – Direktorat Jendral (Dirjen) Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian RI menilai pelaksanaan haji periode 2014 lebih baik jika dibandingkan tahun sebelumnya. Hal itu dilihat dari hasil survei kepada para jamaah meningkat menjadi 87 persen, padahal target ditetapkan hanya 85 persen.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian RI, Abdul Djamil, mengungkapkan pada 2013 jumlah jamaah haji meninggal mencapai delapan orang dan untuk 2014 turun menjadi tiga orang.

“Selain dari data itu, kami juga telah membuat semacam survei pelayanan kepada para jamaah dan hasilnya mencapai 87 persen atau meningkat satu persen jika dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 86 persen,” ujarnya, saat ditemui di The Royal Surakarta Heritage, Jumat (30/1).

Selain membuat survei untuk pelayanan, pada 2014 juga dikatakan sudah cukup transparan karena untuk keberangkatan didasarkan pada jamaah terdahulu mendaftar.

“Namun demikian evaluasi tetap dilakukan demi terus meningkatkan pelayanan kepada para jamaah haji, salah satunya adalah sterilisasi dari saat mulai di embarkasi hingga keamanan saat di lokasi Arab saudi,” jelas Abdul Djamil.

Menurutnya upaya untuk memaksimalkan pelayanaan kepada para jamaah sudah terus ditingkatkan, di antaranya adalah selalu menyiapkan lima petugas untuk satu kloter pemberangkatan. Terdiri dari dua dokter, satu rekam medis serta pemimpin kloter saat sudah di lokasi.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge