0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

TPA Alternatif Butuh Perencanaan Matang

Tempat pembuangan sampah (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Klaten – Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Klaten Bambang Sigit buka suara terkait tuntutan penutupan Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) Jomboran. Ia meminta masyarakat bersabar, pasalnya telah disiapkan rencana pemindahan sampah dari TPA di Desa Jomboran, Kecamatan Klaten Tengah.

“Kami berharap warga bersabar karena pemerintah telah merencanakan langkah jangka panjang untuk memindahkan TPA Jomboran ke wilayah lain seperti di Troketon, Pedan. Namun pemindahan itu tidak bisa tiba-tiba dilakukan, butuh perencanaan matang,” ujarnya, Jumat (30/1).

Dikatakan Bambang Sigit, secara bertahap pemerintah merencanakan membeli lahan alternatif TPA Jomboran.

“Ketika membeli tanah secara bertahap, harapannya proses izin tidak sulit. Lantaran kalau membeli tanah di atas lima hektar harus melibatkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan meminta izin kepada provinsi,” katanya.

Selain itu, sambung Bambang Sigit, ketika memindahkan TPA juga harus diikuti membangun pusat pengolahan sampah menganut sistem reduce, reuse dan recycle (3R).

“Nantinya, di tempat pembuangan sampah baru itu juga disediakan alat untuk mengolah sampah. Dengan demikian, sampah yang datang langsung dapat diolah, misalnya menjadi pupuk dan tidak menimbulkan bau. Untuk itu, kami meminta warga bersabar,” imbuh dia.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge