0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kurangi Bau Sampah, TPA Jomboran Disemprot

Tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Sampah (TPA) semakin tak terkendali ()

Klaten – Dinas Pekerjaan Umum dan Energi Sumberdaya Mineral (DPU ESDM) Klaten berencana melakukan penyemprotan cairan antibau terhadap Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) Jomboran di Desa Jomboran, Kecamatan Klaten Tengah.

Dikatakan Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan DPU ESDM Klaten, Juwito, langkah itu ditempuh menyusul adanya tuntutan penutupan TPA oleh warga dua desa asal Gumulan dan Jomboran, Kamis (29/1) kemarin.

“Mengurangi dampak bau sampah yang ada di TPA Jomboran, dalam waktu dekat kami akan menyemprotkan cairan antibau,” katanya, Jumat (30/1).

Selain penyemprotan, ke depan rencananya dilakukan pemindahan sampah dari TPA Jomboran ke Joho, Kecamatan Prambanan. Kendati demikian, langkah jangka panjang itu masih terganjal pada pengadaan lahan. Pasalnya, langkah demikian tak bisa terlaksana pada APBD 2015 ini.

“Setelah musim hujan reda, sedikit demi sedikit kami akan memindahkan sampah dari Jomboran ke Joho. Rencana pemindahan itu juga akan dibarengi pemberian kompensasi sebesar Rp 100 juta kepada tiga desa terdampak, yakni Gumulan, Jomboran dan Joho. Kami akan terus mengajukannya pada APBD perubahan,” ucapnya.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge