0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Februari, Railbus Beroperasi Lagi

Railbus Bathara Kresna (Dok. Timlo.net/ Sahid)

Solo – Railbus Bathara Kresna segera dioperasikan pada awal Februari 2015 mendatang. Kabar tentang beroperasinya kereta sudah mangkrak selama bertahun-tahun itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo, Yosca Herman Sudradjad, Jumat (30/1).

“Hasil rapat koordinasi dengan PT KAI menyatakan bahwa kereta itu akan beroperasi mulai 6 Februari 2015. Untuk sementara waktu kereta ini akan melayani jurusan Solo hingga Sukoharjo, namun ke depannya akan melayani Solo hingga Wonogiri pulang pergi,” terangnya.

Dalam uji coba, rencananya kereta buatan PT INKA Madiun ini hanya beroperasi satu kali, yakni pagi berangkat dari Stasiun Purwosari, sore berangkat dari Stasiun Wonogiri. Uji coba ini selain untuk mengetahui daya tahan infrastruktur penunjang, juga dilakukan guna melihat animo masyarakat.

“Kami juga perlu menguji ketahanan rel dan ketahanan mesin dari Railbus ini sendiri. Jadi pengoperasiannya masih terbatas, selain itu juga untuk melihat animo masyarakat yang akan menumpang angkutan ini,” papar Yosca Herman Sudradjad.

Uji coba sekaligus dilakukan untuk menjaring para penumpang kereta api menuju Jakarta. Menurut Yosca Herman Sudradjad, banyak warga Wonogiri dan Sukoharjo menuju Jakarta dengan memanfaatkan jasa kereta api.

Biasanya mereka menggunakan kendaraan pribadi untuk bisa menumpang kereta api dari stasiun Kota Solo. Dengan dioperasikannya Railbus ini, diharapkan warga tak perlu menggunakan kendaraan pribadi untuk bisa sampai stasiun Kota Solo.

“Misal mau ke Jakarta dari Stasiun Balapan Solo atau stasiun kota bisa menumpang Railbus ini, kemudian lanjut menggunakan kereta masing-masing, jadi lebih mudah perjalanannya,” pungkas Yosca Herman Sudradjad

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge