0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Siswa SMAN I Wonogiri Tolak UN Online

Ilustrasi UJian Nasional (UN) (dok.timlo.net/red)

Wonogiri – Siswa kelas XII SMAN 1 Wonogiri menolak keras Ujian Nasional (UN) dengan sistem online. Bahkan mereka pun meluapkan kegalauannya dengan aksi protes. Tak hanya itu saja, para siswa pun menempel sejumlah tulisan dan foto di sebuah papan pengumuman.

Tulisan tertempel di papan pengumuman di antaranya“Kami Bukan Kelinci Percobaan”, “Gengsi???? Ora Lulus”,“Smansa Ora Perlu Gengsi” dan “Kita Butuh Nilai dan Kesiapan, BukanGengsi”.

Kepala SMAN 1 Wonogiri, Yuli Bangun, ketika dikonfirmasi tak menampik kabar itu. Menurut dia, aksi merupakan puncak dari kegalauan siswa setelah mendapat sosialisasi mengenai surat dari Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah (Kemenbud Dikdasmen) mengenai UN Online.

Dalam surat itu, disebutkan SMAN 1 Wonogiri bersama SMAN 2 Wonogiri, SMPN 1 Wonogiri dan SMPN 2 Wonogiri ditunjuk sebagai pilot project UN Online di Wonogiri. Surat itu kemudian ditindaklanjuti dengan pengumpulan data dukungan, termasuk kesiapan semua aspek di sekolahnya.

“Kami juga koordinasi dengan kementerian. Apakah dengan UN Online hasilnya bias langsung dilihat atau tidak. Jawabnya tidak. Kami juga menyosialisasikan itu ke siswa. Kemudian ada sebagian siswa yang galau, makanya nanti kami tidak mau memaksakan diri untuk menjadi pilot project UN Online,” bebernya.

Dikatakan, keputusan akhir bergantung angket diberikan kepada siswa. Jika memang sebagian besar siswa menolak menjadi pilot project UN Online, SMAN 1 pun tidak menggelarnya. Sebaliknya, jika ternyata siswa siap dan perangkat teknologi informasi mendukung, UN Online digelar di sekolah itu.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge