0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tak Bawa Uang, Pelanggar Lalin Tolak Sidang di Tempat

Puluhan pelanggar lalin menolak sidang ditempat karena belum siap uang untuk membayar denda (Dok. Timlo.net/Nanin)

Boyolali – Puluhan pengguna jalan terkena operasi lalu-lintas (Lalin), Jumat (30/0) di jalan utama Solo-Semarang, tepatnya di Mojosongo Boyolali menolak mengikuti sidang di tempat. Mereka berdalih belum membawa uang untuk membayar denda atas pelanggaran dilakukan. Para pelanggar Lalin ini memilih mengikuti sidang di kantor pengadilan.

“Saya sidang di pengadilan saja, belum bawa uang buat bayar denda,” ungkap Joko (36) warga Kartasura, terkena tilang karena tak mempunyai SIM.

Penolakan inipun dimaklumi petugas Satlantas Polres Boyolali. Menurut Kasat Lantas Polres Boyolali, AKP Demianus, pihaknya tidak mempermasalahkan penolakan mereka untuk sidang di tempat. Hanya, meski menolak sidang di tempat, mereka tetap harus mengikuti persidangan atas pelanggaran lalu-lintas di Pengadilan Boyolali.

“Tetap harus ikut sidang, sidang di tempat ini dimaksudkan untuk memudahkan pelanggar, sekaligus sebagai shock therapy agar mereka mau mematuhi peraturan Lalin,” tandasnya.

Sementara dalam operasi Lalin, petugas berhasil menindak ratusan pengguna jalan melanggar peraturan. Dari ratusan pelanggar, sebanyak 46 pengendara bersedia mengikuti sidang di tempat. Sementara sisanya memilih di pengadilan. Pelaksanaan sidang di tempat sendiri merupakan kerjasama Satlantas, Kejaksaan dan pengadilan setempat.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge