0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kecukupan Anggaran Pilkada, KPU Solo Minta Jaminan

Rapat kerja KPU Solo dengan Komisi I DPRD Solo (Dok. Timlo.net/Daryono)

Solo – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo meminta pemerintah kota (Pemkot) setempat menjamin kecukupan anggaran pemilihan kepala daerah (Pilkada). Pasalnya, anggaran sebesar Rp 7,5 miliar di APBD 2015 tak mencukupi untuk pelaksanaan Pilkada dengan asumsi satu putaran sekalipun.

Hal itu disampaikan KPU Solo saat melakukan rapat kerja dengan Komisi I DPRD di ruang dewan setempat, Jumat (30/1). Hadir pula dalam rapat Kepala Bagian Pemerintahan Pemkot Solo, Joni Hari Sumantri.

Ketua KPU Solo, Agus Suslityo mengatakan hingga saat ini, pihaknya belum menandatangani Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). Sebelum penandatanganan NPHD, Agus berharap ada kejelasan terkait materi perjanjian.

“Saya berharap sebelum penandatangan ada kesepahaman dulu terkait materi perjanjian hibahnya. Jadi angka Rp 7,5 miliar itu sampai tahapan mana karena angka Rp 7,5 miliar itu yang belum dibiayai adalah tahapan hari H. Kalau sampai hari H itu Rp 9,5 miliar,” katanya, usai rapat.

Agus Suslityo mengakui, Pemkot sempat menyatakan hendak menganggarkan kekurangan anggaran Pilkada melalui APBD Perubahan 2015. Namun demikian, dia mempertanyakan apakah hibah dua kali dalam satu tahun anggaran diperbolehkan. Terlebih dalam konsultasinya dengan Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) sempat disampaikan tidak ada mekanisme hibah dua kali.

“Harus ada kepastian, bunyinya perjanjian NPHD sudah jelas, tidak Rp 7,5 miliar agar ke depan lebih pasti,” tegas Agus Suslityo.

Ketua Komisi I DPRD Solo, Budi Prasetya, mengatakan lantaran baru teranggarkan Rp 7,5 miliar di APBD 2015, kekurangan anggaran Pilkada perlu dicarikan solusinya dengan tidak melanggar aturan.

“Karena di (APBD) rutin baru Rp 7,5 miliar, berarti kan perlu solusi. Perlu dicari regulasinya apakah hibah itu bisa dua kali? Teknisnya saja yang perlu dicari agar tidak melanggar. Apalagi Pemkot sudah menyatakan siap mencukupi kekurangannya di APBD Perubahan 2015,” ucapnya.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge