0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bupati Purbalingga Minta PNS Pakai Akik

ilustrasi batu akik (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Demam batu Akik merambah hingga ke pemerintah daerah. Pemkab Purbalingga mengimbau pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungannya untuk menggunakan batu akik dari Sungai Klawing.

Pemkab juga memberi bantuan kepada perajin sebesar Rp 900 juta untuk membantu peralatan bagi perajin batu akik di Purbalingga dan sekitarnya.

Wakil Bupati Purbalingga, Tasdi mengemukakan merebaknya pamor batu akik di Purbalingga cukup tinggi di kalangan masyarakat. Hal itu bisa dilihat dari tumbuh kembangnya aktivitas usaha pembuatan batu akik di wilayahnya.

“Kami mengimbau kepada semua pejabat serta PNS agar ikut membantu mengembangkan, menumbuhkan bagaimana mencintai batu akik, khususnya batu akik Sungai Klawing serta sungai lainnya di Purbalingga,” ujar Tasdi, Jumat (30/1).

Dia mengemukakan, jika pejabat dan PNS memberikan contoh kepada masyarakat untuk menggunakan batu akik, otomatis masyarakat luas akan ikut mencintai batu akik.

Selain imbauan, melalui APBD tahun 2015, Pemkab Purbalingga akan menganggarkan dana kurang lebih sekitar Rp 900 juta untuk membantu peralatan bagi perajin batu akik.

“Dengan diberikannya anggaran tersebut, pemkab tidak hanya mengimbau saja, tapi juga merealisasikan serta membantu mereka. Di samping itu, pemkab juga akan membuka jaringan di kota-kota besar seperti Jakarta dan tempat lainnya,” ujarnya.

Selain itu, ia berharap jaringan di kota-kota besar dapat membantu dalam pemasaran batu akik asal Purbalingga.

“Termasuk di tempat- tempat wisata yang di Purbalingga juga sudah disediakan kios-kios batu akik,” jelasnya.

Menurut Tasdi, sesuai dengan program pemerintah pusat adanya Perpres Nomor 95 tentang pengembangan UMKM. Dengan pemberdayaan potensi batu akik, pemkab Purbalingga sangat serius dalam menangani semakin merebaknya batu akik.

“Karena potensi bahan baku batu akik di Purbalingga sangat banyak melimpah, sehingga untuk menghindari eksploitasi besar-besaran maka pemkab akan segera membuat regulasi yang bentuknya peraturan bupati atau peraturan daerah,” tuturnya.

[hhw]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge