0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengerjaan Kios di Pagelaran Keraton Dikebut

Kios di Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo – Para pekerja tengah menyelesaian pembangunan kios di Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Hal itu dilakukan lantaran tanggal 1 Februari 2015 mendatang, semua pedagang di pelataran parkir Pagelaran, akan pindah ke dalam Pagelaran.

Berdasarkan pengamatan Timlo.net, Jumat (30/1) siang, pekerja bangunan tampak masih menyelesaikan pemasangan pintu kios. Sementara untuk pembangunan kios-kios yang akan digunakan pedagang sejumlah 142 kios telah selesai dilaksanakan.

Salah satu pekerja, Harko, mengaku dirinya memang sengaja melakukan kerja lembur untuk mencapai target selesainya pembangunan. Dirinya mengatakan bahwa tanggal 31 Januari pengerjaan kios dan pintu harus sudah selesai.

“Sudah dikerjakan kemarin. Tapi, setahu saya baru 30-an yang dipasang pintunya. Pengerjaannya harus selesai tanggal 31 Januari besok,” terangnya.

Terpisah, Wakil Pengageng Museum dan Pariwisata Keraton Surakarta, KRMTH Satryo Hadinegoro mengungkapkan pengerjaan ini tidak akan mengganggu aktivitas budaya di Keraton Surakarta. Pihaknya juga menegasakan pembangunan bangunan semi permanan ini tidak akan merusak keberadaan Pagelaran yang merupakan Benda Cagar Budaya (BCB).

“Saya janji ini tidak akan merusak BCB karena kan ini sekat kios yang dipasang seperti sekat kios Sekaten itu, jadi tidak akan rusak,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge