0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Seberapa Sering Kita Harus Menimbang Berat Badan?

Timbangan badan. (Dok: Timlo.net/ Google Images)

Timlo.net—Jadi bagaimana diet Anda untuk tahun baru? Sudahkah Anda menimbang berat badan akhir-akhir ini? Seberapa seringkah Anda harusnya menimbang bobot? Weight Watchers merekomendasikan bahwa Anda harus menimbang berat badan seminggu sekali, sementara beberapa situs diet menyarankan Anda tidak menimbang berat badan sama sekali supaya tidak merasa putus asa. Angka di timbangan seringkali berubah-ubah sepanjang hari bahkan ada perubahan hasil hingga 1 kg. Jadi penelitian yang diterbitkan jurnal PLOS One muncul di waktu tepat, memberikan informasi mengenai masalah ini. Menurut mereka, orang yang menimbang berat badan setiap hari, memperoleh hasil paling banyak. Jumlah rata-rata waktu orang menimbang berat badan adalah 5,8 hari sekali. Elina Helander, pemimpin penelitian dari Tampere University of Technology di Filandia menjelaskan bahwa sebab dan akibat dari menimbang berat badan setiap hari tidak begitu jelas. Alasannya mungkin karena beberapa orang yang serius diet terus menimbang berat badan karena mereka suka angka yang mereka lihat. Jadi apakah kita harus menimbang berat badan lebih sering?

Penelitian yang menganalisa 2.838 hasil timbangan dari 40 orang yang menjalani program promosi kesehatan, yang ingin menurunkan berat badan. Kelompok ini memang kelompok kecil, tapi para peneliti mengatakan bahwa kelompok ini mencerminkan penemuan yang dilakukan peneliti lain. Kebanyakan orang yang diet kembali ke berat awal mereka dalam waktu tiga hingga lima tahun.

Sebuah penelitian dalam New England Journal tentang proses menjaga berat badan pada 314 orang yang sukses diet. Mereka rata-rata berhasil menurunkan berat badan 19,3 kg selama dua tahun terakhir. Di antara 314 orang ini, yang menimbang berat badan setiap hari, naik berat badan 2,3 kg atau lebih dalam waktu 18 bulan. Para peneliti berpendapat bahwa ada bukti kecil bahwa menimbang berat badan setiap hari menurunkan kepercayaan diri atau memiliki efek negatif.

Penelitian lain dalam jurnal Obesity, menguji data dari 3.003 orang yang mendaftar program pengendalian berat badan nasional dan menemukan bahwa sering menimbang berat badan dihubungkan dengan kendali kognitif yang lebih besar. Dan mereka yang menimbang berat badan setiap hari akan mengkonsumsi lemak lebih sedikit dibandingkan mereka yang menimbang seminggu sekali.

Penelitian-penelitian ini menyatakan bahwa berat badan kita naik dan turun sepanjang minggu. Biasanya berat badan kita naik di akhir pekan karena orang makan banyak di akhir minggu. Setelah itu berat badan kita biasanya menurun setelah akhir pekan. Para peneliti juga menyimpulkan bahwa orang yang berat badannya naik turun sepanjang minggu cenderung bisa menjaga berat badan karena memang ritme normal berat badan kita naik turun.

Sumber: The Guardian.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge