0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PDAM dan BPR Kolaborasi dengan Kejaksaan

Penandatanganan MOU antara PDAM, BPR dengan Kejaksaan Negeri Boyolali (Dok. Timlo.net/Nanin)

Boyolali – PDAM dan BPR Boyolali melakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Boyolali. Salah satu poin berisi soal pemberian pemahaman hukum di lingkup internal masing-masing instansi.

Kepala Kejaksaan Negeri Boyolali, Andi Murji Machfud mengatakan, penandatangan MoU ini menjadi suatu langkah positif untuk memberikan pelajaran hukum. Salah satu poin dalam MoU dengan BPR Boyolali adalah penyelesaian kredit bermasalah.

“Ada dua cara dalam menyelesaikan itu (penyelesaian kredit bermasalah-red), yaitu dengan Litigasi dan Nonlitigasi,” kata dia.

Selama ini dalam penanganan penyelesaian kredit bermasalah, kejaksaan lebih menggunakan win-win solution dengan cara Nonlitigasi. Harapannya penunggak kredit bisa taat dalam melaksanakan kewajiban.

Sementara itu, Direktur Utama PD BPR Bank Boyolali, Dono Sri Hananto mengatakan, selama ini dirinya terus bekerjasama dengan kejaksaan untuk menyelesaikan kredit bermasalah dengan Kejari Boyolali. Hasilnya cukup efektif memberikan efek jera pada pelaku kredit bermasalah.

Dirinya mengatakan, ke depan kerjasama dengan Kejaksaan bukan hanya dalam bidang kredit bermasalah. Namun dalam bimbingan hokum, yakni memberikan penerangan hukum kepada internal perusahaannya. Hal itu bertujuan agar internal PD BPR Boyolali juga bisa paham hukum dan SOP-nya. Bila internal sudah paham soal hukum harapannya ada tata kelola lebih baik di tubuh BPR Boyolali.

Direktur PDAM Tirta Ampera Boyolali, Cahyo Sumarso menjelaskan, penandatanganan MoU ini juga lebih pada pemberian pandangan soal hukum di internal PDAM. Senada dengan BPR Boyolali, poin kerjasama juga lebih pada pemberian pemahaman hukum.

“Masyarakat umumnya sudah taat pada aturan, kami kerjasama untuk pemahaman hukumnya,” terangnya.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge