0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kunjungi Waduk Gondang, Ganjar Didemo

Puluhan warga terdampak pembangunan Waduk Gondang, Kerjo melakukan aksi demo saat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau proyek, Kamis (29/1) (Dok. Timlo.net/Nanang Rahadian)

Karanganyar – Puluhan warga terdampak pembangunan Waduk Gondang, Kerjo melakukan aksi demo saat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau proyek, Kamis (29/1), Mereka menuntut kejelasan uang ganti rugi tanah terkena pembangunan mega proyek didanai APBN itu.

Mereka membentangkan sejumlah kertas dengan tulisan bernada protes. Warga mengatasnamakan Paguyuban Masyarakat Margomulyo dari Kerjo dan Ngargoyoso itu meminta segera mendapat kepastian ganti rugi. Pasalnya sejak groundbreaking (peletakan batu pertama pada 9 September 2014 silam) belum diajak bicara.

“Kami cuma menuntut kejelasan karena hingga saat ini masih gelap. Padahal ada beberapa lahan yang sudah tergenang air, termasuk dua tanah makam desa,” jelas Prapto Diharjo, salah satu warga menyampaikan aspirasi di hadapan gubernur.

Warga juga meminta dilibatkan dalam proses pembangunan waduk, meskipun hanya sebagai kuli. Kemudian tak kalah penting segera carikan lahan makam desa.

“Makam desa yang sudah tergenang tolong segera dicarikan penggantinya, warga akan kesulitan jika ada yang meninggal,” terang Prapto Diharjo.

Dia menjelaskan, dari tiga desa terkena dampak pembangunan waduk di perbatasan Karanganyar-Sragen itu semua belum diajak berbicara kapan dan di mana dipindah. Ada 24 rumah di desa Gempolan, kemudian 19 rumah Jatirejo dan Ganten dua rumah. Total 45 kepala keluarga (KK) beserta lahannya dengan total 180 sertifikat.

Sementara itu, Kepala Desa Gempolan, Kerjo Sukiman mengungkapkan, warganya was-was soal ganti rugi berlarut-larut. Pasalnya pembangunan sudah mulai, namun tak ada tanda-tanda penyelesaian ganti rugi.

”Ya karena proyeknya sudah dimulai, tapi kok belum diajak bicara soal ganti rugi, warga hanya khawatir saja tidak lebih dari itu,” jelas dia.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge