0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ancam Jalur Solo-Semarang, Talut Ambrol Mendesak Diperbaiki

Talut longsor di jalur utama Solo-Semarang ditutup terpal, mendesak untuk segera diperbaiki (Dok. Timlo.net/Nanin)

Boyolali – Tak kunjung diperbaikinya jalur utama Solo-Semarang dikhawatirkan bisa menggerus badan jalan, berujung putusnya jalan raya Solo-Semarang. Warga mendesak agar ambrolnya talut di sebelah Barat Universitas Boyolali (UNB) segera diperbaiki.

“Kalau tidak kunjung diperbaiki, jalur ini bisa terputus,” ungkap Yanto (51), warga Kebontimun, Penggung, Boyolali Kota, Kamis (29/01).

Ancaman ambrolnya badan jalan bukan isapan jempol. Pasalnya, badan jalan sudah merekah. Jika hujan deras terus terjadi, rekahan semakin melebar dan mengakibatkan badan jalan ambrol.

Kasatlantas Polres Boyolali, AKP Demianus Palolongan mengaku, perbaikan talut longsor mendesak dilakukan. Pasalnya, jika dibiarkan sangat membahayakan pengguna jalan. Pihaknya juga berencana melakukan koordinasi dengan jajaran terkait seperti DPU-ESDM dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

“Menurut informasi, talut masih dalam tahap pemeliharaan. Kami akan koordinasikan lebih lanjut,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Energi Sumber Daya Mineral (DPU-ESDM) Boyolali, M Qodri mengaku, talut longsor menjadi kewenangan pemerintah pusat. Pasalnya, jalan itu termasuk jalan nasional.

“Jadi kewenangan otomatis di bawah pemerintah pusat langsung,” ungkap Qodri.

Namun demikian, pihaknya sudah mengecek lokasi longsor dan melakukan koordinasi langsung dengan pusat. Lokasi longsor juga sudah ditutup terpal. Sementara untuk pengamanan, badan jalan di sekitar lokasi sudah dipasang rambu peringatan bagi pengguna jalan.

Seperti diberitakan, bahu jalan raya Solo- Semarang, tepatnya di sebelah Barat Kampus Universitas Boyolali (UNB) longsor, Minggu (25/1) pukul 17.35 WIB. Dikhawatirkan longsor menggerus badan jalan nasional. Longsor sepanjang 30 meter dan lebar dua meter dengan ketinggian empat meter.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge