0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pedagang Penyewa Tak Dapat Jatah Kios Pasar Darurat

Pedagang yang tergabung dalam Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK), saat beraudiensi dengan jajaran DPRD Solo, Senin (12/1) (dok.timlo.netdaryono)

Solo – Sejumlah orang mengaku sebagai pedagang Pasar Klewer mendatangi Balaikota Solo, menuntut jatah kios di pasar darurat. Hal itu menyusul ditetapkannya pembagian kios kepada para pedagang memiliki Surat Hak Penempatan (SHP).

Kapala Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) Kota Solo, Subagyo, Kamis (29/1), mengatakan dirinya hanya memberikan kios kepada pedagang namanya tercatat di DPP. Hal itu dibuktikan dengan SHP dipegang pedangang.

“Kemarin itu sejumlah pedagang mendatangi kami untuk meminta jatah kios. Pedagang itu mengaku sebagai pedagang di Pasar Klewer, namun kami tidak bisa memberikannya lantaran mereka tidak memiliki bukti SHP,” katanya.

Menurut Subagyo, pedagang jumlahnya puluhan itu mengaku sebagai pedagang Pasar Klewer menyewa kios dari pemilik SHP. Namun setelah diminta menunjukkan bukti sewanya, pedagang tak mampu menunjukkan. Karena itu DPP tidak memberikan jatah kios kepada pedagang menyewa kios.

“Mereka menyewa kepada pemilik kios. Padahal dulu sempat ada pendataan pemilik kios, tetapi mereka tidak mengaku menyewa kios. Sekarang baru ketahuan kalau ternyata ada kios yang disewakan, bahkan diperjualbelikan. Kami tidak bisa menampung pedagang tanpa SHP di pasar darurat, kalau saya beri kios itu melanggar undang-undang,” pungkas Subagyo.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge