0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jarak dan Personil Jadi Alasan Sulitnya Berantas Asusila

Ilustrasi pasangan mesum (dok.merdeka.com)

Wonogiri – Maraknya perbuatan asusila diindikasikan terjadi di beberapa obyek wisata alam di Wonogiri belakangan ini, belum ada bentuk kepedulian dan bahkan penindakan oleh jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (25/1), pihak Satpol PP menyebut jarak jangkauan dan keterbatasan personil lagi-lagi menjadi alasannya.

“Personil kami terbatas dan armada untuk menjalankan operasi tidak memadai, jangkauan ke 25 kecamatan rata rata jauh,” jelas Kepala Satpol PP Wonogiri, Waluyo.

Selain itu, menurutnya tindak asusila di tempat umum tidak termasuk pada tugas pokok dan fungsi lembaga dibawahinya. Hal itu sudah masuk dalam tindak pidana umum, kewenangannya ada pada pihak kepolisian.

“Asusila itu kan masuk tindak pidana umum, jadi itu bukan ranah kami lagi. Itu sudah menjadi tanggung jawabnya pada kepolisian. Selain itu belum ada Perda yang mengatur penindakan, jadi kami belum bisa mengambil langkah,” kata Waluyo.

Namun demikian, pihaknya telah berupaya menegakkan perundang-undangan dan Perda berlaku, serta menjamin adanya ketertiban umum. Waluyo mengaku membutuhkan peran serta masyarakat dalam melaksanakan dua hal itu. Pihaknya juga mengedepankan sisi persuasif dibandingkan sisi represif.

“Biasanya menjaring anak bolos sekolah, pengamen, pengemis dilakukan dengan persuasif dan langkah pembinaan. Ternyata masih cukup efektif,” pungkas Waluyo.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge