0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mahasiswa PKU Muhammadiyah Ikuti Diklat Ruang

KSR unit STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta mengadakan donor darah dan pemeriksaan kesehatan (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo – Sebanyak 85 mahasiswa DIII Keperawatan, DIII Kebidanan dan S1 Ilmu Gizi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) PKU Muhammadiyah Surakarta mengikuti Diklat Ruang di kampus setempat.

“Diklat diselenggarakan oleh KSR (Korps Suka Relawan) Unit Stikes PKU Muhammadiyah Surakarta pada Rabu sampai Kamis, 13 sampai 14 Januari 2015,” ungkap Humas STIKES PKU Muhammadiyah Solo, Teguh Wahyudi, Senin (19/1).

Diklat ruang dibuka langsung Ketua Stikes PKU Weni Hastuti dan Ketua Diklat PMI Kota Surakarta Barly Shodiq, menurut Teguh adalah untuk melatih hardskill maupun softskill. Pada Diklat Ruang ini, selama dua hari para peserta  mendapatkan materi penanganan pertama terhadap luka bakar, pendarahan dan syok, cidera kepala, dada, leher dan tulang belakang juga tentang manajemen bencana serta kedaruratan lingkungan.

Menurut Teguh, Diklat secara tidak langsung juga memberi pelajaran dan pemahaman kepada mahasiswa pada umumnya bagaimana cara menolong korban kecelakaan. Selama ini banyak sekali dilakukan masyarakat awam cara penolongan terhadap korban tidak sesuai dengan dunia kesehatan, bahkan justru mengakibatkan kecacatan seumur hidup tanpa mereka sadari.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge