0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mulai Januari 2015, Puskesmas di Sragen Berstatus BLUD

Puskesmas Tanon I Sragen. (dok.timlo.net/agung)

Sragen – Mulai Januari 2015, sebanyak 25 Puskesmas yang ada di 20 Kecamatan di Kabupaten Sragen akan naik status menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehaan (Dinkes) Kabupaten Sragen, dr Didik Hariyanto mengatakan, untuk menguatkan status tersebut akan diterbitkan Surat Keputusan Bupati yang mulai berlaku Januari.

Didik menjelaskan, BLUD akan diberlakukan secara bertahap. Tapi tidak menutup kemungkinan ada puskesmas yang langsung menjadi BLUD penuh, tergantung skor penilaiannya. Konsekuensi dari kenaikan status menjadi BLUD tersebut, semua pendapatan, penganggaran, penanganan dan kebutuhan Puskesmas akan ditangani sendiri oleh Puskesmas.

“Konsekuensi lainnya, Puskesma harus menyediakan tenaga medis yang memadai untuk memberikan pelayanan yang professional.” Katanya.

Sementara Sekretaris Dinkes Sragen, drg Hargiyanto  menjelaskan, nanti akan ada perekrutan tenaga medis guna memenuhi standar pelayanan di Puskesmas yang telah berstatus BLUD. Seperti dokter gigi yang wajib ada pada Puskesmas yang berstatus BLUD. Saat ini baru beberapa Puskesmas yang telah memiliki dokter gigi.

Selain itu jumlah tenaga perawat juga akan ditambah. Karena saat ini jumlah perawat juga dinilai masih kurang. Nantinya jumlah perawat akan disesuaikan dengan jumlah tempat tidur rawat inap yang ada di masing-maisng Puskesmas.

Tenaga administrasi juga akan masih banyak dibutuhkan, mengingat saat ini belum semua Puskesmas mempunyai tenaga administrasi yang sesuai standar. Tenaga administrasi yang dibutuhkan dari lulusan D3 Akuntansi dan Sarjana Ekonomi.

Sementara untuk dokter umum yang masih dibutuhkan mencapai puluhan. Saat ini setiap Puskesmas hanya ada sekitar 2 hingga 3 dokter umum. Padahal untuk ukuran standar setiap Puskesmas ada 4 sampai 5 dokter bagi yang memiliki fasilitas rawat inap.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge