0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Calon Posko SAR Klaten

Bekas Gedung AMPI, Calon Posko SAR Klaten Terbaru (Dok. Timlo.net/Aditya)

Klaten – Mangkrak! Kata itu meluncur dari Boneng (32) warga Randulanang, Jatinom, Klaten mengomentari bekas gedung Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) di Jalan Mayor Kusmanto 54 A, Ketandan, Klaten Utara digadang-gadang menjadi Posko Search And Rescue (SAR) Klaten.

Boneng sehari-hari membuka angkringan persis di depan bekas gedung AMPI menceritakan, sejak 2,5 tahun lalu dirinya berjualan, gedung terletak berdampingan dengan Polsek Ketandan itu kondisinya mangkrak dan tidak terawat.

“Ya seperti ini kondisinya sejak kali pertama saya berjualan, mangkrak dan tidak berpenghuni. Pintu utama selalu dibiarkan terbuka. Sedangkan setiap harinya, halaman gedung AMPI ini biasanya dimanfaatkan para personel Polsek Ketandan sebagai lokasi parkir kendaraan bermotor mereka,” cerita dia, saat ditemui Timlo.net, usai memasukkan tiga kursi kayu angkringannya.

Pantauan Timlo.net, Minggu (30/11) sore, dinding bercat kuning pada gedung direkomendasikan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan ESDM Kabupaten Klaten sebagai posko SAR ini terlihat mulai mengelupas dan luntur. Sebuah mobil berwarna putih juga tampak terparkir di halamannya.

Selain itu, tiga buah papan nama, di antaranya bertuliskan “Dewan Pimpinan Cabang IKADIN Klaten” dan “Kantor Advokat/Konsultan Hukum P Joko Santosa dan Rekan” masih terpampang dengan perkasanya, kendati gedung itu tak berpenghuni. Kemudian ketika kaki melangkah masuk ke dalam, tiga kursi kayu milik Boneng, sebuah sofa reyot, serta dua kamar, satu terkunci dan atap plafon jebol menjadi pemandangan isi ruangan gedung

Terdapat pula prasasti menunjukkan gedung ini diresmikan pada Minggu, 17 November 1991 sebagai sekretariat AMPI Kabupaten Klaten. Sementara di sisi samping gedung utama, sebuah anak tangga dengan rumput dan lumut sebagai hiasannya, menguatkan desain bangunan gedung ini direncanakan dibangun bertingkat.

Divisi Litbang SAR Klaten, Indiarto mengatakan, bekas gedung AMPI kondisinya memang rusak berat dan tidak mungkin ditempati SAR tanpa direhab terlebih dahulu.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge