0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pementasan Lintas Kultur Warnai Kesenian Solo

Akademi Seni Mangkunegaran menggelar pementasan lintas kultur dan lintas negara di Pendapa Prangwedanan Pura Mangkunegaran, Sabtu (29/11) malam (Dok. Timlo.net/Heru Murdhani)

Solo – Akademi Seni Mangkunegaran menggelar pementasan lintas kultur dan lintas negara di Pendapa Prangwedanan Pura Mangkunegaran, Sabtu (29/11) malam. Acara bertajuk Solo Cultural Exchange in Harmony (SCEiH) itu merupakan hasil kerjasama antara Akademi Seni Mangkunegaran (ASGA), SIPA Community, Andong Festival Tourism Foundation dari Kota Andong, Korea Selatan, International Mask Arts & Cultural Organization dan Semarak Candrakirana Foundation.

Selain mempererat hubungan antara dua negara, yakni Indonesia dengan Korea Selatan, acara itu juga merupakan puncak kegiatan, sekaligus mangayubagya pengukuhan Irawati Kusumorasri sebagai Direktur ASGA periode 2014-2019.

“Solo dan Andong memiliki banyak kesamaan. Keduanya adalah kota yang mempunyai dasar tradisi yang kuat. Kami juga baru saja main di Festival Topeng pada September 2014 di Korea. Jadi mereka ingin gantian main di sini,” kata Ira di sela kegiatan.

Dalam pementasan, kelompok Hahoe Mask Dance Team dari kota Andong, Korea Selatan, menampilkan Hahoe Pyolshin-Gut Tal-Nori, sebuah drama tradisional rakyat Korea. Selain itu ada penampilan dari ASGA dengan pertunjukan Tari Ndaru Tirta. Gambyong Calung dari daerah Banyumas juga diperlihatkan secara apik oleh kelompok Semarak Candra Kirana Art Centre (SCK). Acara ditutup dengan penyajian Tari Puja dari Sekolah Tinggi Agama Budha Syailendra.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge