0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Posko Terancam Digusur, SAR Klaten Tetap Beroperasi

Posko SAR Klaten (Dok. Timlo.net/Aditya)

Klaten – Di tengah kabar tak sedap penggusuran posko, tim Search And Rescue (SAR) Klaten masih beraktivitas seperti sedia kala. Hal ini terlihat saat personel tim pencari dan penyelamat berjargon “Abdi Ikhlas Bakti Nyata” beroperasi dalam penanganan pohon beringin tumbang di Beteng, Jatinom, Klaten, Minggu (30/11) pagi.

“Tadi pagi baru saja selesai beroperasi mengevakuasi pohon beringin raksasa yang roboh di perbatasan antara Desa Randulanang dengan Desa Beteng, Kecamatan Jatinom. Akibatnya, satu orang warga menjadi korban meninggal dunia,” ujar personel SAR Klaten, Agus Wanandi tengah sibuk membersihkan gergaji mesin di posko terletak di kompleks RSPD Klaten, Jalan Pemuda, Klaten Tengah.

Tak hanya membersihkan gergaji mesin, pantauan Timlo.net di Posko SAR Klaten, Minggu (30/11) siang, sejumlah personel juga tengah bersiap berangkat menuju Umbul Ponggok, Desa Ponggok, Polanharjo untuk operasi mengantisipasi kecelakaan air. Operasi air rutin dilakukan SAR Klaten pada Minggu atau hari libur di sejumlah obyek wisata air seperti Umbul Ponggok, dan Umbul Cokro, Tulung.

“Meski hendak digusur, kami tidak akan mutung beroperasi. Pasalnya ini menyangkut nilai kemanusian,” tandas Divisi Litbang SAR Klaten, Indiarto.

Ia mengatakan, pihaknya sama sekali tak menolak dipindah. Hanya ketika dipindah ke bekas gedung Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) di Jalan Mayor Kusmanto 54 A, Ketandan, Klaten Utara, seharusnya gedung pengganti Posko SAR juga diperbaiki terlebih dalu.

Berkaca dari proses pemindahan markas tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Klaten dari kompleks RSPD ke markas baru, berlokasi di bekas kantor GTZ tak jauh dari bekas gedung AMPI, sambung Indiarto, dirinya berharap Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan ESDM Kabupaten Klaten juga memperlakukan hal serupa terhadap SAR Klaten.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge