0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Nusron Wahid Janji Revolusi Mental BNP2TKI dalam Sebulan

Pelantikan BNP2TKI-BKPM-ASN (merdeka.com)

Timlo.net – Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid menyebut hendak melakukan revolusi mental di tubuh lembaga mengurusi persoalan para TKI itu. Salah satunya dengan mengkaji kembali aturan di Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN) bagi para TKI.

“Kami ingin minimalisasi ongkos, sehingga nanti ada hal-hal negara wajib hadir apakah paspor gratis, biaya sertifikasi ditanggung pemerintah, kesehatan dan lain-lain ditanggung Buruh Migran Indonesia (BMI). Saya enggak sebut TKI, tapi BMI, semua akan kami evaluasi. Nanti akan ada revolusi mental dalam tata kelola daripada penempatan BMI kita,” kata Nusron kepada awak media, usai menghadiri acara e-Blusukan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada sejumlah TKI luar negeri, di Istana Negara Jakarta, Minggu (30/11).

Terkait instruksi Presiden Jokowi meminta supaya KTKLN segera dihapus, Nusron siap menjalaninya. Termasuk segala konsekuensi dihadapinya.

“Tentunya kami wajib menindaklanjuti perintah presiden. Kalau presiden sudah memerintahkan dihapus, ya kami hapus. Segala bentuk konsekwensi hukum apakah Perppu, Revisi Undang-undang di DPR, nanti kami akan rapat dengan pihak Sekretaris Negara. Tadi kami rapat langsung, semua akan dibahas dan nanti menuju perbaikan-perbaikan. Kami ingin fokus pelayanan diutamakan, tidak ada pungli,” tegasnya.

Sementara itu, soal keluhan para TKI merasa dibebani dengan adanya KTKLN, Nusron menjelaskan, sebetulnya KTKLN itu dibuat agar mempermudah masyarakat hendak bekerja ke luar negeri. Namun karena ulah oknum, KTKLN malah dibuat mesin pencari uang sampingan.

“KTKLN itu gratis, tapi ada oknum lapangan memungut, pasaran macem-macem, yang membuat mau karena dalam kondisi terdesak, dia di Bandara, megang tiket, tapi enggak ada KTKLN. Makanya saya sudah punya opsi, dalam input data bagus, tapi masalahnya sudah tidak dipercaya sebagai mekanisme,” paparnya. [gib]

 

Sumber : merdeka.com

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge